Halaman

Senin, 03 Juni 2013

Fungsi pada Microsoft excel



Berikut adalah beberapa fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang  bisa digunakan secara umum:



Fungsi If
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan
Penulisan Formula If Tunggal



=IF(A10>=6,"Diterima","Tidak Diterima")

Penulisan Formula If Ganda


=IF(AND(A2>=7,A3>=6,A10>=6),"Diterima","Tidak Diterima")
=IF(OR(A2>=7,A3>=6,A10>=6),"Diterima","Tidak Diterima") kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)






  1. Fungsi VALUE :
    digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
    penulisannya : =VALUE(text)
  2. Fungsi FIND :
    digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari, penulisannya : =FIND(cari text, pada text, mulai nomor) atau menggunakan shortcut dengan menekan tombol CTRL+F
  3. Fungsi MID
    digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
  4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
    digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text, jumlah karakter)
  5. Fungsi REPLACE :
    digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
    penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru) atau menggunakan shortcut dengan menekan tombol CTRL+H
  6. Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP
    digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
    penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
    =VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
  7. Fungsi Sum :
    Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
  8. Fungsi Average :
    Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
    penulisannya : =average(number1,number2,…)
  9. Fungsi Max :
    Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
  10. Fungsi Min:
    Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
  11. Fungsi Count :
    Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
  12. Fungsi Stedev :
    Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
  13. Fungsi Var :
    Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar